Produk Unggulan Dusun

Staff IT 07 Mei 2019 10:49:14 WIB

Secara administratif Desa Karangtalun dibagi menjadi 5 Pedukuhan yaitu Karangtalun, Setran, Bandungan, Sareyan, dan Salaman. Dimana dari kelima pedukuhan tersebut terbagi menjadi 15 dusun, dimana masing-masing dusun memiliki produk unggulan tersendiri. Salah satu produk unggulan yang paling berkembang ada di Dusun Barepan berupa bakpia dan keripik tempe.

Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Namun untuk membuat bakpia lebih menarik ,biasanya para produsen membuat inovasi pada isiannya, ada yang berupa keju, coklat, stroberi, dan lain-lain. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia. Sedangkan keripik tempe adalah makanan yang terbuat dari tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Namun tak jarang para produsen juga berinovasi dengan rasa seperti balado, pedas, dan lain-lain.

Di Desa Karangtalun tepatnya di Dusun Barepan, pembuatan produk unggulan bakpia berkembang sangat pesat. Terbukti tidak hanya ada satu produsen yang memproduksi bakpia, melainkan sudah terdapat beberapa produsen bakpia yang ada disana. Tentunya masing-masing produsen tersebut memiliki keunggulan masing-masing pada tiap rasa dan kemasan. Begitu juga dengan keripik tempe, mereka terus melakukan inovasi agar para konsumen tertarik dan tidak bosan untuk membeli. Namun tidak hanya di Dusun Barepan, Dusun Bandungan juga memiliki produk unggulan berupa kripik tempe yang tentunya memiliki cita rasa yang khas dari desa tersebut.

Baik bakpia dan keripik tempe termasuk salah satu makanan yang populer dan biasa digunakan untuk oleh-oleh atau sekedar dijadikan camilan pendamping minum teh. Jadi, tidak ada salahnya jika sedang berkunjung di Desa Karangtalun menyempatkan untuk membeli oleh-oleh bakpia dan keripik tempe di Dusun Barepan maupun Dusun Bandungan.

 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitter

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Karnaval Barepan Karangtalun

Pengumuman

JAM OPERASIONAL PELAYANAN KANTOR DESA KARANGTALUN : SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-15.00 WIB

Kalender

Kalender

Musik Kita

Lokasi Karangtalun

tampilkan dalam peta lebih besar