Kostumize Widget

Administrator 02 Mei 2014 12:57:23 WIB

Sebagai tindak lanjut dari tahapan pelaksanaan program TKP2KDes dan pengembangan SID di Kabupate Kebumen, Pemerintah Desa Logandu Kecamatan bekerjasama dengan Formasi Kebumen dan Combine Resource Institution (CRI) Jogjakarta mengadakan sosialisasi tentang SID dan TKP2KDes kepada lembaga desa dan warga masyarakat desa Logandu. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Maret 2014 di Balai Desa Logandu Kecamatan Karanggayam, Kebumen dihadiri oleh sedikitnya 60 orang peserta yang terdiri dari unsur perangkat desa, lembaga desa, tokoh agama dan warga masyarakat.

Dalam paparannya tentang Kebijakan Desa terkait dengan Penanggulangan Kemiskinan, Sarlan (Kepala Desa Logandu) menyampaikan bahwa, “banyak program penanggulangan kemiskinan yang telah digelontorkan oleh pemerintah kepada masyarakat, tetapi masih banyak yang tidak tepat sasaran dan target capaiannya belum imbang dengan besaran dana yang dikeluarkan”. Mengapa demikian? Salahsatunya adalah data yang ada masih berbeda-beda antara dinas yang satu dengan yang lain. Disisi lain data yang digunakan masih menggunakan data dari BPS yang update datanya 4 tahun sekali.
“Saya menyambut baik dengan dibentuknya TKP2KDes (Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa) dan SID (Sistem Informasi Desa), dengan harapan data kemiskinan bisa terakomodir dan valid serta program kemiskinan bisa terkoordinasikan”.
 
Terkait dengan SID, Irman Ariadi (CRI) menjelaskan bahwa manfaat dari SID adalah membantu desa terkait dengan validitas dan update data, mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Juga sebagai media untuk mempromosikan potensi dan kegiatan yang dilaksanakan desa. Sedangkan tentang TKP2KDes dipaparkan oleh Muhtar Syaiful Anam (Formasi) yang lebih menekankan pada alur pencacahan/pendataan penduduk miskin.
 
Diakhir sosialisasi dibentuk Timpendataan penduduk miskin Desa Logandu yang terdiri dari 11 orang, yaitu: Mardiadi dan Mahdi Fathurrahman (Operator SID), Siti Hayati, Wiwit Sutanti, Lasimin, Tasinah, Nasim, Sonni Setiawan, Sarimun (TKP2KDes), Mahudin dari unsur BPD dan Sugiman dari unsur Perangkat Desa.
“Kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa, Tim Pencacah dan warga masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan program TKP2KDes dan SID”, pesan Sarlan (Kepala Desa Logandu) dalam menutup acara sosialisasi.

Komentar atas Kostumize Widget

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Hari Jadi ke-109 th 2023

Pengumuman

JAM OPERASIONAL PELAYANAN KANTOR KALURAHAN KARANGTALUN : SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-15.00 WIB

Kalender

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License