PIS PK - Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Administrator 09 Februari 2018 10:47:49 WIB

Jumat pagi, 09 Februari 2018, Pemerintah Desa Karangtalun dikunjungi Kepala Puskesmas Imogiri I, dr. Suprabandari. Kunjungan beliau dalam rangka persiapan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, atau disingkat PIS PK.

Pada program ini, nantinya pihak PUSKESMAS dibantu kader Desa, akan hadir di setiap rumah penduduk Desa Karangtalun untuk melakukan pendataan Kesehatan Keluarga.

Untuk itu, setiap KK diharapkan menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi Kartu Jaminan Kesehatan, yang nantinya akan digunakan sebagai kelengkapan pendataan.

Rencananya, sebelum kegiatan ini dimulai, nantinya akan diadakan sosialisasi dulu di tingkat desa, dengan mengundang Dukuh, Ketua RT, dan perwakilan Kader dari masing-masing pedukuhan.

Program Indonesia Sehat (PIS) merupakan salah satu program dari agenda ke-5 Nawacita; yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

PIS selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan tahun 2015 – 2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

Sasaran dari PIS adalah meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

PIS dilaksanakan dengan menegakkan 3 pilar utama; yaitu :

(1) penerapan paradigma sehat,

(2) penguatan pelayanan kesehatan dan

(3) pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional- JKN.

Komentar atas PIS PK - Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Hari Jadi ke-109 th 2023

Pengumuman

JAM OPERASIONAL PELAYANAN KANTOR KALURAHAN KARANGTALUN : SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-15.00 WIB

Kalender

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License