Launching Posbindu Dusun Sareyan

03 Februari 2020 10:38:06 WIB

Sabtu,(31/1)bertempat di Gedung Mini melaunching Posbindu di Dusun Sareyan. Acara ini dihadiri oleh Lurah Desa Karangtalun beserta jajarannya, Dukuh Sareyan, Puskesmas Imogiri, Pengurus Posbindu, Kader, dll.

Namun masih banyak dari masyarakat yang asing dengan posbindu, jadi mari kita sedikit belajar mengenai posbindu. Posbindu merupakan kepanjangan dari Pos Binaan Terpadu yang merupakan  kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular(ptm) terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat yang berusia 15-59 tahun. Dengan tujuan mendeteksi faktor risiko ptm oleh masyarakat sedini mungkin. Sehingga seseorang dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit yang dialami dan dapat melakukan gaya hidup yang lebih sehat .

Dalam posbindu yang diselenggarakan di Dusun sareyan mempunyai alur pendaftaran, wawancara yang terdiri atas beberapa pertanyaan meliputi kesehatan saat periksa, riwayat penyakit, dll. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran berat dan tinggi badan. Selanjutnya pemeriksaan seperti tekanan darah, kolesterol, dll. Yang terakhir adalah konseling dengan dokter tentang hasil pemeriksaan.

Dan dalam acara ini juga Dr.Sita menyampaikan arahan dan masukan tentang program posbindu yang akan berjalan di Dusun Sareyan, beliau juga mengapresiasi perangkat desa dan kader yang mau membantu terlaksananya kegiatan posbindu. Untuk masyarakat yang masih membutuhkan penyuluhan dipersilahkan untuk menghubungi puskesmas untuk mendapatkan info lebih lanjut lagi, imbuh Dr. Sita dalam penyampaiannya.

Komentar atas Launching Posbindu Dusun Sareyan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Hari Jadi ke-109 th 2023

Pengumuman

JAM OPERASIONAL PELAYANAN KANTOR KALURAHAN KARANGTALUN : SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-15.00 WIB

Kalender

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License