Keikutsertaan Karangtalun dalam Kirab Budaya Ngarak Siwur

KertasDanPena 15 Agustus 2022 09:16:09 WIB

Kirab Budaya Ngarak Siwur merupakan sebuah ritual menjelang diadakannya upacara nguras enceh di Makan Raja-raja Imogiri. Siwur sendiri sebenarnya merupakan sebuah gayung yang terdiri dari tiga bagian yaitu tempurung kelapa, tangkai dari kayu, dan juga pengait. Siwur ini yang nantinya digunakan untuk menguras enceh.

 

Enceh merupakan gentong yang biasanya digunakan untuk berwudhu pada saat brziarah ke Makan Raja-raja Imogiri. Dan proses menguras enceh ini selalu dilaksanakan pada saat Suro.

 

Pada kesempatan kirab budaya tahun ini(11/8) Kalurahan Karangtalun juga turut hadir memeriahkan dan mensukseskan kegiatan dengan mengikut sertakan Lurah, Pamong beserta staf, Bamuskal, Tokoh Masyarakat, Karangtaruna dll. Dimana start atau permulaan perjalanan dimulai dari Kapanewon Imogiri dengan mengarak 8 gunungan yang menjadi simbol dari 8 Kalurahan yang ada di Kapanewon Imogiri.

 

Rute perjalanan Kirab Budara dari Kapanewon imogiri menuju ke Kanjengan Kulon ndalem bupati juru kunci Surakarta untuk mengambil siwur atau dalam hal ini gayung. Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju kabupaten juru kunci Puroloyo Kasultanan Ngayogyakarta Haniningrat, untuk selanjutnya diserahkan(siwur) di terminal pajimatan.

Komentar atas Keikutsertaan Karangtalun dalam Kirab Budaya Ngarak Siwur

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Karnaval Barepan Karangtalun

Pengumuman

JAM OPERASIONAL PELAYANAN KANTOR KALURAHAN KARANGTALUN : SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-15.00 WIB

Kalender

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitter

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License