Musyawarah Kalurahan Hari Jadi & Miskin Ekstrem

KertasDanPena 25 November 2022 08:38:30 WIB

Penetapan hari jadi Kalurahan Karangtalun sudah mulai mendapat titik terang, dimana melalui Musyawarah Kalurahan yang diadakan Kamis, 24 November 2022 di Gedung Serbaguna Kalurahan Karangtalun menemui hasil kesepakatan bersama. Tentunya proses penentuan hari jadi Kalurahan tidak boleh sembarangan. Bahkan sebelumnya juga sudah dibentuk tim untuk mencari dan menentukan hari jadi. Tim ini juga yang akhirnya menelusuri rekam jejak dari berdirinya Kalurahan Karangtalun, yang dimana penelusuran tersebut sampai ke beberapa tempat yang sekiranya ditempat tersebut terdapat informasi mengenai berdirinya Kalurahan Karangtalun. Beberapa tempat diantaranya perpustakaan yang ada di Bantul, jogja, Solo, dan beberapa tempat yang memungkinkan terdapat informasi penting lainnya.

 

Setelah pencarian yang cukup lama akhirnya didapatkan tanggal hari jadi Kalurahan, dimana tanggal ini berdasarkan :

  1. Ditemukannya artikel terkait tahun pembentukan Kalurahan-kalurahan di wilayah Klaten (saat itu Karangtalun masuk daerah Enclave Surakarta), yakni tahun 1914
  2. Untuk tanggal dan bulan, ini diambil dari tanggal SK pengangkatan carik pertama, yang didapat dari data agenda Lurah Atmosoediro (alm), yaitu 16 Juli 1937.

Sehingga dengan hasil penelusuran tim, kemudian menjadi kesepakatan bersama pada saat kegiatan ini berlangsung, didapatkanlah tanggal hari jadi Kalurahan Karangtalun yaitu 16 Juli 1914.

 

Walaupun sudah didapatkan tanggal hari jadi Kalurahan , namun tidak menutup kemungkinan jika terdapat penemuan baru, akan kami kaji ulang agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain itu dalam kesempatan yang dihadiri oleh Lurah beserta jajarannya, Bamuskal, LKK, Bhabinsa, Pendamping Desa, Tim Penelusuran Hari Jadi, dan juga Ketua RT dimasing masing Padukuhan ini juga membahas tentang Usulan Data Miskin Ekstrim Kalurahan Karangtalun.

 

Dan dalam datanya ternyata masih terdapat data warga yang masuk ke dalam kriteria miskin ekstrim. Tentunya ini akan dikaji kembali dan akan mendapat perhatian lebih kedepannya. Dengan harapan nantinya dalam setahun kedepan ataupun dalam beberapa tahun kedepan sudah tidak ada lagi warga yang masuk dalam kategori miskin ekstrim.(dnr)

Komentar atas Musyawarah Kalurahan Hari Jadi & Miskin Ekstrem

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Karnaval Barepan Karangtalun

Pengumuman

JAM OPERASIONAL PELAYANAN KANTOR KALURAHAN KARANGTALUN : SENIN-JUMAT PUKUL 08.00-15.00 WIB

Kalender

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitter

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License