Warga Tumpah Ruah Dalam Kirab Budaya Hari Jadi Karangtalun ke-110

KertasDanPena 02 Agustus 2024 09:26:47 WIB

Karangtalun - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kalurahan Karangtalun yang ke 110, Pemerintah Kalurahan Karangtalun berinisiasi bersama masyarakat bersatu dalam semangat kebersamaan untuk melaksanakan serangkaian acara kirab budaya yang diselenggarakan pada hari Minggu (14/7/2024).

Kirab budaya sendiri merupakan rangkaian acara yang menjadi puncak acara dalam memeriahkan HUT Kalurahan Karangtalun yang ke 110. Dalam kirab budaya ini diawali oleh pasukan bergodo yang kemudian disusul oleh rombongan Jajaran Pemerintahan Karangtalun dan disusul juga dari rombongan padukuhan, rombongan gunungan serta rombongan lainnya dengan membawa berbagai maskot dan properti yang menarik pengguna jalan.

Pelaksanaan Kirab Budaya HUT Kalurahan Karangtalun berlangsung meriah dengan bernuansa Jawa yang terlihat dari pakaian yang dikenakan yaitu Lurik jawa dan jarik adat Jawa. Sesampainya para rombongan kirab di titik lokasi finish, peserta kirab akan menempatkan diri ditempat yang sudah ditentukan. Sampailah pada puncak acara, gunungan yang berisi berbagai hasil bumi seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan akan diperebutkan oleh masyarakat. Hal tersebut dipercaya sebagai simbol kemakmuran Kalurahan Karangtalun.

Melalui acara spesial ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan akan warisan budaya Kalurahan Karangtalun. Seluruh komponen masyarakat pun ikut serta merayakan hari jadi Kalurahan Karangtalun yang ke 110 ini, dan bersama-sama menorehkan sejarah yang gemilang bagi generasi mendatang.

Komentar atas Warga Tumpah Ruah Dalam Kirab Budaya Hari Jadi Karangtalun ke-110

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License